Mobil Pohon Yez | Penghasil Oksigen Dan menyerap Karbon Dioksida

Salah satu alasan pecinta lingkungan mencintai pohon karena daun dari pohon merupakan penyerap CO2 dari atmosfer, dan menggunakannya untuk menghasilkan energi dan memancarkan kehidupan dengan melepas oksigen. Tentunya akan lebih bagus lagi jika mobil - yang terkenal karena emisi CO2 nya - bisa melakukan hal yang sama?
Produsen mobil Cina Shanghai Automotive Industry Corporation telah mewujudakan mimpi itu. Mereka baru-baru ini meluncurkan desain untuk mobil dengan konsep photosynthesizing yang bisa menyereap karbon dioksida dari udara dan menghasilkan oksigen. Rincian disain mobil ini masih belum di diketahui namun secara umum pada dasarnya mobil ini akan terdiri dari bagian utama yang menyerupai daun.

SAIC, yang memiliki kemitraan dengan General Motors di Cina, menunjukkan desain untuk Mobil Konsep Yez ini, pada Expo 2010 di Shanghai. Yez (diucapkan "ya-zi") adalah bahasa Mandarin untuk "daun," dan itulah mengapa: kendaraan ini berbentuk terbuka dan memiliki atap seperti daun.
Rincian teknis mobil konsep ini belum dilansir, tetapi menurut sebuah artikel Xinhua, desainer Yez  Ma Zhengkun mengatakan bahwa atap Yez menyerap energi matahari dan merubahnya menjadi listrik yang membuat rotor berputar pada empat rodanya, mobil ini juga menghasilkan daya dari angin. Dari CNET Asia blogger, Juniper Foo. melaporan bahwa dua jok mobil ini akan memiliki "kerangka logam-organik," yang akan bekerja untuk menyerap CO2 dan air, mengubahnya menjadi listrik yang akan disimpan dalam baterai lithium-ion.

Konsep-konsep fotosintesis buatan yang akan digunakan di mobil  konsep ini sudah banyak diberitakan beberapa tahun lalu seperti pada penelitian yang dilakukan  MIT di laboratorium Dan Nocera. Dia dan Matthew Kanan mengembangkan proses yang menggunakan sinar matahari untuk memisahkan air menjadi hidrogen dan oksigen. Hidrogen akan digunakan dalam sel bahan bakar dan oksigen dilepas ke udara.

Dan ketika menulis tentang Yez, penulis dari Gizmag, Mike Hanlon, mengutip para peneliti di Universitas Leiden di Belanda yang sudah merintis proyek menciptakan daun buatan.

Upaya ini memungkinkan proses fotosintesis buatan bisa sangat mungkin menjadi kenyataan pada 2030.

sumber : news.discovery.com

0 komentar:

Posting Komentar

Trackbacks/Pingbacks

Archive Post