Review BlackBerry Bold 9900

BlackBerry Bold 9900
BlackBerry Bold 9900 saat ini memang menjadi salah satu produk paling dinanti oleh para penggila BlackBerry di Tanah Air. Dibanding versi sebelumnya, Ponsel ini akan menawarkan sejumlah fitur terbarunya, mulai dari desain, sistem operasi, hingga dapur pacu yang diklaim jauh lebih bertenaga. Namun, meskipun fitur yang ditawarkannya bisa dibilang sudah ok, ponsel ini hadir bukan tanpa halangan, karena beragam jenis ponsel pintar dari Android hingga iPhone siap menjegal langkahnya dengan menawarkan spesifikasi dan fitur beragam. Lalu apa saja yang diunggulkan oleh BlackBerry Bold 9900 ini?



Bodinya yang Ramping



Berbicara maslah bodi, BlackBerry Bold 9900 atau yang biasa dikenal dengan Dakota memiliki ketebalan hanya 10.5 mm dengan berat berkisar 130 g yang pastinya cukup nyaman dan mudah digenggam. Jadi ponsel pintar ini semakin mudah untuk dimasukkan ke dalam saku tanpa menggangu penggunanya. bahkan, Reasearch in Motion (RIM) bahakan mengklaim ini merupakan BlackBerry paling tipis yang pernah mereka buat. Tidak lepas pula dengan material yang digunakan. Tepian bodi belakang dilapisin karet agar tidak licin ketika digenggam, meski pun saat keadaan tangan berkeringat.



Dibandingkan dengan Onyx 2 ponsel ini terlihat lebih lebar, juga papan ketik yang diusungnya lebih nyaman digunakan, lebih empuk, lebih lega, meski tetap mempertahankan bunyi 'cetak cetuk' dari seri sebelumnya.



Kesannya yang elegan semakin dipancarkan dengan tepian brushed metal disekeliling tubuhnya, meski tutup baterai masih menggunakan bahan plastik yang mudah dibuka.



BlackBerry Dakota ini memiliki 4 buah tombol di bagian kanan. Tiga di antaranya berfungsi untuk mengatur volume naik dan turun, dan sebuah pause tombol di tengah, juga sebuah tombol kamera. Sedangkan di bagian kiri hanya terdapat port untuk audio 3,5mm dan USB, ditambah bagian atas untuk mengunci layar. Posisi seperti ini tentunya sangat menguntungkan karena mudah dijangkau.



Layar dan Kamera



BlackBerry Bold 9900 memiliki Layar yang berukuran 2,8" touchscreen dengan resolusi mencapai 640 x 480 pixel. Meskipun cukup besar namun sayangnya tidak semua aplikasi BlackBerry saat ini mendukung resolusi tersebut.



Meski belum secermelang ponsel lain yang menggunakan embel-embel super AMOLED atau Retina, Kualitas layar yang ditampilkan ponsel ini masih terlihat baik, membaca email atau browsing melalui produk masih cukup nyaman. Untuk menonton video juga cukup asyik, terlihat sekali layar ini memiliki perpaduan contrast rasio yang pas.



Kamera yang terdapat pada ponsel ini, RIM menjelalinya dengan lensa sebesar 5 MP plus lampu LED, jadi mampu menangkap gambar diam hingga resolusi 2592x1944 pixel dan video 1280 X 720 pixel. Namun, kualitas fotonya tidak ada yang istimewa, cukup baik di luar ruangan namun akan ada sedikit noise jika digunakan dalam ruangan. Fitur lainnya adalah Geo-tagging, face detection, image stabilization, tapi absen Auto Focus.



Dalam merekam gambar bergerak, hasilnya yang diperoleh dari ponsel ini kurang baik dibandingkan dengan generasi BlackBerry sebelumnnya, baik dalam hal resolusi atau pun dari segi kualitas. Tapi sayang, pada modus HD hasil rekamannya akan disimpan dalam format 3gp, bukan MPEG yang memiliki kualitas lebih baik.



Performa dan Daya Tahan Baterai



Guna menggebrak pasar ponsel, RIM mencoba menghadirkan ponsel ini. Karena BlackBerry Bold 9900 diperkuat dengan prosesor 1,2 GHz, memori RAM 768 MB dan memori internal 8 GB. Meskipun BlackBerry Bold 9900 hanya bertahan sekitar 6-7 jam dengan kondisi pemakaian seperti multitesting, menonton film resolusi tinggi, dan berselancar internet dengan membuka bebeberapa tab secara terus menerus. Sedangkan untuk pemakaian normal semisal browsing, chatting, email dan sosial media, ponsel ini mampu bertahan hingga 9 jam dengan modus jaringan dikunci pada frekuensi 3G.



Soal Baterai BlackBerry Bold 9900 menggunakan Li-Ion 1230 mAh. Lebih kecil dibandingkan seri Bold sebelumnya yang menggunakan 1500 mAh, bahkan Tourch dengan Li-Ion 1300 mAh.



Ponsel ini telah menggunakan BlackBerry OS7 yang diklaim lebih hemat dalam konsumsi daya. Namun, dengan prosesor yang lebih bertenaga tetap saja ujung-ujungnya membutuhkan catu daya yang lebih besar. Jadi, dengan mengusung teknologi paling terkini dari RIM maka BlackBerry Bold 9900 aka Dakota diharapkan mampu bertarung dengan ponsel pintar lainnya yang telah lebih dahulu hadir.



Dengan banderol harga Rp 6 juta, ponsel ini pastinya akan bersaing ketat dengan smartphone lainnya seperti Samsung Galaxy S II, HTC Sensation, atau LG Optimus 3D yang masing-masing telah mengusung spesifikasi dan fitur canggih.



Kelebihan:

- Bentuk menarik

- Performa tinggi

- Kaya fitur



Kekurangan:

- Kualitas kamera biasa

- Kapasitas baterai kecil

0 komentar:

Posting Komentar

Trackbacks/Pingbacks

Archive Post