Teknologi Bluetooth dan Wi-Fi Akan Menyatu

Kemampuan transmisi data pada teknologi populer yang dikenal sebagai bluetooth akan bertambah cepat pada tahun depan dengan mengambil keuntungan dari teknologi Wi-Fi (wireless fidelity) yang telah banyak dipakai pada produk gadget.

Sambungan bluetooth dan Wi-Fi membuat lagu akan lebih mudah dan lebih cepat untuk ditransfer ke komputer dan telepon seluler. Teknologi ini juga memungkinkan pengiriman gambar dari kamera foto untuk dicetak di printer, atau dari video kamera ke TV.

Michael Foley, Direktur Bluetooth Special Interest Group (SIG), mengatakan produk pertama yang mengadopsi teknologi gabungan tersebut akan tersedia di pasar pada pertengahan tahun depan.

Kemampuan transmisi data yang lebih tinggi untuk bluetooth menggunakan teknologi radio yang baru dengan memanfaatkan akses pita lebar ini sebenarnya sudah diumumkan sejak 2006. Namun implementasinya tertunda.

Saat ini, beberapa produk seperti laptop telah dilengkapi bluetooth dan Wi-Fi, tetapi Kemungkinan besar pabrikan akan menggunakan chip tunggal yang menggabungkan Bluetooth dan kemampuan Wi-Fi.

Kombinasi peralatan ini akan menggunakan radio Bluetooth berdaya rendah untuk saling mengidentifikasi dan melakukan sambungan. Bila mereka butuh mentransfer jumlah file yang besar, teknologi ini mampu menghidupkan radio Wi-Fi mereka, lalu mematikan alatnya untuk menyisakan energi setelah selesai mentransfer.

0 komentar:

Posting Komentar

Trackbacks/Pingbacks