www.wahyu-winoto.com


Tentang Kami (Blogger Indonesia)

Berawal dari keinginan untuk belajar dari Internet kemudian pada perkembangannya berubah menjadi keinginan untuk mengumpulkan artikel, membacanya, meriview, atau bahkan menulis pemikiran sebagai bahan bacaan dan untuk di-share dengan rekan sesama blogger maupun rekan bermain disekitar kita.

Mungkin kurang tepat jika pada halaman Tentang kami / About Us ini saya menulis panjang lebar,  atau bahkan mungkin curhat, namun saya tidak tau mau menuliskannya dimana lagi dan dengan judul apa. Yang bisa saya katakan untuk memulai nge-blog saya hari ini sampai nanti adalah bahwa keinginan saya nge-blog bukan hal yang mudah, dengan berbagai keterbatasan yang ada baik saran-prasarana di daerah tempat saya tinggal, kemudian minimnya pengetahuan tentang teknologi informasi, serta tidak adanya dukungan dari orang sekitar membuat aktivitas blogging saya menjadi kurang maksimal. Bagaimana mungkin saya mendapat dukungan disini, bayangkan saja, desa Babadsari ini terletak dipinggiran Kabupaten Kebumen, aksesibilitasnya tergolong masih minim, kondisi jalan berbatu dan masih sedikit sekali jalan yang tersentuh pembangunan (di aspal).

Hal itu belum apa-apa jika kita mau menengok sedikit kebelakang, menurut cerita ayah saya, daerah ini baru merasakan adanya pembangunan katanya seolah baru kemarin sore, listrik masuk desa juga sampai sekarang belum merata dan masih cukup banyak warga yang belum bisa memasang installasi listrik PLN sendiri. Bagaimana mungkin orang akan mengenal dunia teknologi informasi jika LISTRIK saja baru kemarin sore masuk daerah sini.

Kemudian saya melihat diri saya sendiri, kalian yang membaca tulisan saya ini mungkin tidak akan percaya, blog yang kalian baca ini bukan ditulis dengan komputer canggih dan akses internet cepat, blog ini ditulis dari kawasan kaki gunung Puyuh, Babadsari, Kutowinangun, Kab Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia yang sepi. Blog hanya diupdate saat malam hari (dengan alasan koneksi internet yang sangat terbatas dikawasan ini), menggunakan platform Blogger, perangkat kesayangan My Pentium 3, dengan memanfaatkan koneksi internet murah dari Smart, dan sedikit ketrampilan berinternet yang saya pelajari.

Mungkin tidak tergambarkan bagaimana yang ada dalam pikiran saya ini, saya punya keinginan kecil, agar rekan-rekan disini bisa tau apa itu internet, agar mereka bisa memegang komputer atau laptop, agar mereka punya facebook atau blog. Agar mereka bisa nonton Youtube, bisa membuka Google dan mencari kata-kata yang sering sekali mereka tak tau artinya gara-gara baru sekali dengar dari radio atau tivi. Kasian mereka. Banyak diantara orang-orang disini yang hidup sangat miskin, kerja sebagai petani buruh, berangkat subuh pulang malam, tanpa bekal ketrampilan, bersaing mengandalkan naluri dan mungkin sedikit keberuntungan.

Mereka mungkin hidup dari kecil sampai tua bahkan sampai meninggal tanpa tau bahwa dunia telah berkembang pesat, orang bermusyawarah sekarang ini tidak harus duduk di musholla dengan dikomando/diundang dengan pukulan "kethongan", orang jaman sekarang bisa berkomunikasi dengan sangat mudah. Bahkan mungkin mereka bisa gila jika harus memikirkan bagaimana mungkin kita berbicara dan bertatap muka melalui YM yang jadi mainan kalian itu. Kalian mungkin lupa dengan yang namanya Telegram, tapi disini, telegram menjadi media yang sangat ampuh dan mungkin menakutkan. Kata-kata pertama yang keluar dari bapak-bapak/ibu-ibu disini saat melihat pegawai kantor pos datang bersepeda sambil membawa Surat Telegram pasti tidak jauh-jauh dari "Sinten sing pejah Pak ??" (Siapa yang meninggal dunia Pak ???), karena Telegram terkenal dikirim untuk memberi kabar meninggalnya sanak saudara yang tinggal jauh disana.

Sebenarnya tidak enak juga saya menuliskan kekurangan-kekurangan kondisi daerah saya, bahkan jujur saja tempat ini menjadi tempat favorit saya, kemanapun saya pergi pasti akan selalu ingat rumah, dan pasti akan pulang. Terlalu banyak kesenangan-kesenangan masa kecil yang enggan saya lupakan, dari mulai sebelum sekolah TK saat saya masih senang sekali bermain di Kali, ramai-ramai bermain congklak dan Gobak Sodor saat malam sehabis ngaji dari Mushola, atau saat menjelang panen padi disawah saat anak-anak berkumpul ikut membantu (mungkin sebenarnya malah mengganggu) pekerjaan orang tuanya, hingga saat-saat saya mulai beranjak besar dan sekolah di Kota Kutowinangun yang harus ditempuh dengan bersepeda onthel hampir sejauh 10 Kilo. Capek kalau dibayangkan sekarang, tapi kadang saya merasa masih ingin mencicipinya lagi, minimal buat refreshing atau dianggap sebagai olah raga pagi.

Berbicara tentang olah raga pagi, ada juga hal yang selalu saya ingat, dulu jalan-jalan disini sepi, nyaman, saya tidak pernah takut terserempet motor apalagi mobil saat menyeberang, karena sangat sepi-nya.
Tiap minggu pagi, seperti biasa kami anak-anak yang terbiasa tidur di Masjid atau Mushola, selalu membiasakan diri berlari pagi, rute kami tidaklah jauh, hanya muter 3 desa saja..:-)
Saat saya menulis ini juga sambil tidak habis pikir, mengapa dulu kami bisa berlari sejauh itu, tanpa bawa bekal, tanpa sarapan dulu.

Saya tau masih banyak lagi kesenangan dan kenangan lain yang pernah kami alami dulu, dan saya ingin sekali berkumpul lagi bersama mereka, dalam situasi yang lebih baik. Namun cerita itu jelas tidak mungkin saya tuliskan dalam satu halaman ini.

Saya sempat berpikir, seandainya tiap orang disini memiliki laptop dan modem, minimal teman-teman mainku dulu pas masa kecil, lalu masing-masing memiliki Facebook atau Blog maka itu pasti akan jadi alat silaturahim yang bagus sekali. Teman-teman kecil dulu, meskipun semua telah pergi merantau,  jika bertemu sekarang ini pasti  masih terasa dekat. Seolah belum lama ini kita masih kecil dan bermain bersama, ternyata hari ini semua telah dewasa dan sebagian telah berkeluarga.

Menutup postingan ini, saya ingin mempersembahkan blog ini untuk semua rekan-rekan saya dulu, baik yang masih tinggal di desa kami tercinta, maupun yang telah pergi merantau gak tau dimana. Dan, tidak lupa juga saya persembahkan untuk semuanya saja yang aktif di dunia Blog, para Blogger Indonesia, baik yang yang ahli maupun yang nubie, salam kenal, salam sukses, dan salam blogger !!!

Semoga jarak dan keterbatasan ini tidak mengurangi keinginan saya untuk bersilaturahim dan berbagi pengealaman blogging dengan rekan-rekan saya, dan juga dengan  sesama blogger Indonesia.


 *****

Contact Person:

Nama : Wahyu Winoto
Email dan Messenger : wahyu_win@yahoo.com

Pertanyaan, kritik, saran, pesan, kesan, silahkan kirimkan melalui form Contact Us, atau silahkan hubungi melalui email/messenger.


Terima kasih buat semuanya

Wasalam...


*****

0 komentar:

Posting Komentar

Trackbacks/Pingbacks

Archive Post